DETERMINAN KOMUNIKASI “WAKAF” KEPADA MASYARAKAT

  • Mhd. Ichwan Hamzah

Abstract

Salah satu lembaga wakaf yang melaksanakan pensosialisasian adalah Badan Wakaf Indonesia. Dalam mensosialisasikan Badan Wakaf Indonesia yang telah dilakukan kepada masyarakat Indonesia tentu tidak hal yang tidak mudah. Oleh karena itu dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat agar tercapai pemahaman terhadap fungsi Badan Wakaf itu sendiri. Dari latar belakang masalah yang telah disampaikan muncul pertanyaan, bagaimana strategi komunikasi yang selama ini dilakukan oleh Badan Wakaf Indonesia (pelaku) dalam mensosialisasikan /mempromosikan Badan Wakaf itu sendiri kepada masyarakat? Bentuk peneltian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis yaitu bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang baik, dalam mensosialisasi atau mempromosikan agar tercapainya pemahaman yang lebih terarah. Sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini, banyak media dalam mengkomunikasi produknya baik berupa barang dan jasa. Salah satunya adalah pemasaran interaktif (interactive marketing) yaitu pemasaran dari mulut ke mulut (word-of-mouth marketing), yang terdapat dalam Bauran komunikasi.

Kata Kunci: Komunikasi, Sosialisasi dan Bauran Komunikasi

Published
2020-09-22
How to Cite
Hamzah, M. I. (2020). DETERMINAN KOMUNIKASI “WAKAF” KEPADA MASYARAKAT. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 10(1), 80-100. https://doi.org/10.47411/al-awqaf.v10i1.49