Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wakif Dalam Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Dengan Altruisme Sebagai Variabel Moderasi

  • Ahmad Afandi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Darwis Harahap UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Maisarah Lubis UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Kata Kunci: Cash Waqf Linked Sukuk, Pengetahuan, Media Informasi, Religiusitas, Altruisme, Minat Berwakaf.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengetahuan, media informasi, religiusitas terhadap minat wakif dalam berwakaf di Cash Waqf Linked Sukuk. Kemudian peneliti menambahkan variabel altruisme sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriftif dan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner yang dibagikan kepada responden. Metode penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin didapat 100 responden penelitian. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SmartPLS. Penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan, media informasi, religiusitas dan altruisme berpengaruh positif terhadap minat wakif dalam berwakaf di Cash Waqf Linked Sukuk. Kemudian untuk variabel altruisme tidak dapat memoderasi pengetahuan, media informasi dan religiusitas terhadap minat wakif dalam berwakaf di Cash Waqf Linked. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi sumber informasi dan referensi bagi pihak yang membutuhkan khususnya Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Diterbitkan
2022-06-30