Memaksimalkan Peran Dana Wakaf untuk Pengembangan Industri Halal
Sebuah Kerangka Optimalisasi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan kerangka bisnis yang bertujuan untuk memaksimalkan peran dana wakaf terhadap ekosistem halal di Indonesia. Peneliti bermaksud untuk mengevaluasi fleksibilitas dana wakaf karena berbiaya rendah sebagai source of fund yang dapat memicu pertumbuhan bisnis UMK. Pendekatan kualitatif digunakan, terutama pendekatan studi pustaka (library research) dari berbagai sumber data penelitian sebelumnya. Hasilnya menunjukkan bahwa lembaga pengelola wakaf uang bisa melakukan pemberdayaan dengan memberikan bantuan berupa modal investasi ataupun modal untuk keberlanjutan usaha agar pengelolaan dana wakaf menjadi lebih produktif. Studi ini menemukan dua pendekatan dalam proses bisnis penyaluran dana wakaf kepada Lembaga keuangan mikro syariah yaitu top-down dan bottom up yang memiliki tujuan pada peningkatan performa bisnis dan skala bisnis. Syarat pembiyaan yang dilakukan khususnya untuk UMK yang telah mempunyai setifikasi halal, maka harapannya bisa memajukan industri halal Indonesia dan meningkatkan nilai ekspor dengan jangkauan yang lebih luas
Kata Kunci: Dana Wakaf, Industri Halal, LKMS
Referensi
Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). HALAL LIFESTYLE DI INDONESIA. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2). https://doi.org/10.21274/an.2019.5.2.layout
Akorsu, P. K., Agyapong, D., & Author, C. (2012). ALTERNATIVE MODEL FOR FINANCING SMEs IN GHANA. International Journal of Arts and Commerce, 1(5).
Al-Arif, M. N. R. (2011). Dasar-dasar Ekonomi Islam. PT Era Adicitra Intermedia.
Anyanwu, C. M. (2004). Microfinance Institutions in Nigeria: Policy, Practice And Potentials. “Constraints to Growth in Sub Saharan Africa”. Proceedings of the G24 Workshop at Conference Held Pretoria, South Africa, November 29-30, 2004.
Astuti, M. (2020). Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1(1). https://doi.org/10.55357/is.v1i1.16
Azam, S. E., & Abdullah, M. A. (2020). Global halal industry: realities and opportunities. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 5(1), 47–59.
Boediman, E. P. (2017). Halal lifestyle in marketing communication of tourism and hospitality. International Journal of Economic Research, 14(4).
Boldrini, J. C., Caverot, G., & Ezequel, M. (2017). The journey in open innovation to develop a SME: A longitudinal case study in a French robotics company.
Daengs, A. G., Mubarok, M. M., Ardiana, D. K. R., Ana, S., Rahmiyati, N., & Andjarwati, T. (2019). Empirical Study The Impacts Of Competitive Strategies To Institutes Organizational Innovation In Batik Crafters Association Of East Java. International Journal Of Scientific and Technology Research, 8(7), 597–601.
DinarStandard. (2022). State of the Global Islamic Economy Report 2021/2022. State of the Global Islamic Economy Report 2020/21.
Faujiah, A. (2020). Praktek Akad Qardhul Hasan Pada Bank Wakaf Mikro. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1).
Fauzia, I. Y., & Riyadi, A. K. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam: Perspektif Maqashid al-Syari’ah. Prenadamedia Group.
Hailey, J. (1991). Small Business Development in the Developing World: an overview of contemporary issues in enterprise development.
Hakim, A. A. (2011). Fiqih Perbankan Syariah. PT Refika Aditama.
Haneef, M. A. (2010). Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer. terj. Suherman Rosyidi. Rajawali.
Hassan, M. K. (2010). An Integrated Poverty Alleviation Model Combining Zakat, Awqaf and Micro-Finance. Seventh International Conference – The Tawhidi Epistemology: Zakat and Waqf Economy, Bangi 2010. Seventh International Conference – The Tawhidi Epistemology: Zakat and Waqf Economy, Bangi 2010 AN, January.
Hatta, I. H., Riskarini, D., & Ichwani, T. (2018). Model Strategi Pengembangan Usaha UKM Melalui Analisis SWOT dan EFE-IFE. Jurnal Syirkah Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 2503–4243.
Hidayat, S. E., Rafiki, A., & Nasution, M. D. T. P. (2022). Halal industry’s response to a current and post-COVID-19 landscape and lessons from the past. Journal of Islamic Marketing, 13(9). https://doi.org/10.1108/JIMA-06-2020-0180
Husain, M. J., Khurana, N., & Talbayeva, A. (2005). Rural microfinance scheme for Timor-Leste. Berlin University Of Applied Sciences, Berlin.
Ilmiah, D. (2020). PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM IMPLEMENTASI WAKAF UANG UNTUK PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL DI JAWA TIMUR. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(2). https://doi.org/10.32764/dinamika.v5i2.925
Irwan Suriadi, Hailudin, & Siti Sriningsih. (2021). Model Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengurai Kemiskinan Di Kota Mataram. Journal of Economics and Business, 7(1). https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i1.70
Jailani, N., & Adinugraha, H. H. (2022). The Effect of Halal Lifestyle on Economic Growth in Indonesia. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(1). https://doi.org/10.18196/jerss.v6i1.13617
Karim, A. (2004). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada.
Kemenag. (2020). Data Tanah Wakaf. Sistem Informasi Wakaf.
Khikmawati, A., Ashlihah, & Mustamim. (2022). PERAN UMKM TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. ISTISMAR : Jurnal Kajian, Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 60–66.
Mannan, M. A. (2001). Sertifikat waqf tunai: sebuah inovasi instrumen keuangan Islam. PKTTI, UI. Mulya E. Siregar, Peranan Perbankan Syariah dalam Implementasi Wakaf Uang. Al-Awaqaf, IV(4).
Masyita, D., Muhammad Tasrif, & Abdi Suryadinata Telaga. (2005). A dynamic model for cash waqf management as one of the alternative instruments for the poverty alleviation in Indonesia. The 23rd International Conference of The System Dynamics Society Massachussets Institute of Technology (MIT).
Modal, B. K. P. (2021). Upaya Pemerintah untuk Memajukan UMKM Indonesia. BPKM/Investasi.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian kualitatif (Ed.Revisi.). Remaja Rosdakarya.
Mondal, W. I. (2011). Microcredit As A Tool For Rural Development: A Case Study Of Malaysia. Journal of Business Case Studies (JBCS), 8(1). https://doi.org/10.19030/jbcs.v8i1.6741
Mubarok, F. K., & Imam, M. K. (2020). Halal industry in Indonesia, challenges and opportunites. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 55–64.
MUHAMMAD, A. D. (2012). CHALLENGES OF MICROFINANCE AND THE PROSPECTS OF DEVELOPING AND INTRODUCING AN ISLAMIC MICRO- INVESTMENT MODEL IN NIGERIA B. Unpublished PhD Thesis, IIUM, October.
Murti, T. W. (2017). Halal Life Style And Global Trade. The 7th International Seminar on Tropical Animal Production Contribution of Livestock Production on Food Sovereignty in Tropical Countries, 2.
Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.26905/jrei.v1i2.5437
Nawai, N., & Shariff, M. N. M. (2011). The importance of micro financing to the microenterprises development in Malaysia’s experience. Asian Social Science.
Nizar, M. A. (2017). Munich Personal RePEc Archive Development of Productive Waqf in Indonesia: Potential and Problems. Munich Personal RePEc Archive, 97967.
Parveen, J. A. (2009). Sustainability Issues of Interest-Free Micro-Finance Institutions in Rural Development and Poverty Alleviation. The Bangladesh Perspective. Theoretical and Empirical Researches in Urban Management, 2(11).
Perwataatmadja, K., & Antonio, M. S. (1992). Apa dan Bagaimana Bank Islam. Dana Bhakti Wakaf.
Razali, R., Syahputra, A., & Ulfah, A. K. (2021). Industri Halal di Aceh: Strategi dan Perkembangan. Jurnal Al-Qardh, 6(1).
Ridwan, M. (2004). Manajemen Baitul Maal wa tamwil (BMT). UII Press.
Rohim, A. N. (2021). Optimalisasi Wakaf sebagai Instrumen Pembiayaan UMKM untuk Pengembangan Industri Halal. Jurnal Bimas Islam, 14(2). https://doi.org/10.37302/jbi.v14i2.427
Sabiq, S. (2009). Fiqih Sunnah. Pena Pundi Aksara.
Suci, A. (). (2017). Importance Perfomance Analysis Pelaku Usaha UKM Sektor Kuliner di Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 8(1), 1832–1840.
Sudarsono, H. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah”Deskripsi dan Ilustrasi” (3rd ed.). Ekonisia.
Suryana, Y. (2012). Integrated Model of Micro Financial Institutions andMicro Small Enterprises. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2012.v2.159
Syafi’i Antonio, M. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Gema Insani Press.
Thacker, J. K. M., Mountford, W. K., Ernst, F. R., Krukas, M. R., & Mythen, M. (Monty) G. (2016). Perioperative Fluid Utilization Variability and Association With Outcomes. Annals of Surgery, 263(3). https://doi.org/10.1097/sla.0000000000001402
Turmudi, M. (2017). PRODUKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. ISLAMADINA: Jurnal Pemikiran Islam, XVIII(1), 37–56.
Weiss, J., & Montgomery, H. (2005). Great expectations: Microfinance and poverty reduction in Asia and Latin America. Oxford Development Studies, 33(3–4). https://doi.org/10.1080/13600810500199210
Wijaya, T., Nurhadi, N., & Kuncoro, A. M. (2015). Intensi berwirausaha mahasiswa: Perspektif pengambilan risiko. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2). https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art2
Yaya, A. A. R. (2009). Akuntansi Perbankan Syariah; Teori dan Praktik Kontemporer. Salemba Empat.
Yuswohady. (2014). Marketing To The Middle Class Moslem. Gramedia Pustaka Utama.
Zuari, F. O., Widayani, H., & Daniel, R. D. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENERIMAAN BERSIH RESTORAN OMAH PINCUK. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5, 383–389.
Zulfakar, M. H., Anuar, M. M., & Talib, M. S. A. (2014). Conseptual framework on halal food supply chain integrity enhancement. Procedia, Social and Behavioral Sciences, 121, 58–67.