Faktor Penentu Pengambilan Keputusan untuk Wakaf Uang Secara Online pada Generasi Milenial
Abstrak
Realisasi wakaf uang saat ini masih sangat terbatas. Literasi wakaf uang yang masih sangat minim, terutama untuk generasi millenial. Generasi millennial merupakan generasi yang sangat dekat dengan teknologi, dipandang dari keseharian millenial sangat erat akivitas yang dilakukan dengan teknologi. Faktor yang mempengaruhi wakaf uang secara online umumnya peneliti terdahulu membatasai hanya pada beberapa faktor saja seperti ada yang membahas hanya terbatas pada Social Influence (SI), dan Religiosity atau faktor Pengetahuan, Kepercayaan, Religiusitas, Attitude, Subjective Norms dan Perceived Behavioral Control (PBC). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, religiousity, trust, social influence, information, attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan waqaf literacy terhadap niat atau keinginan kaum millennial melakukan wakaf uang secara online.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model – Partial Least Squares (SEM-PLS). Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi millennial yang lahir pada periode 1981 sampai dengan 1996. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui penelitian lapangan (field research), dalam hal ini pengambilan data dilakukan penyebaran kuesioner yang disebarkan melalui media online (google form) pada generasi millenial. Hasil pertama dalam penelitian ini adalah perceived usefulness, religiousity, trust, social influence, information, attitude, perceived behavioral control sangat mempengaruhi generasi millenial dalam berwaqaf uang secara online. Semetara waqaf literacy, Perceived Ease of Use dan Subjective Norm tidak mempengaruhi generasi millennial dalam berwaqaf uang secara online.