Influence of Literacy and Access to Information Media Regarding The Interest of Communities with Land Wakaf at The East Adonara District Office of Religious Affairs (KUA)

  • Indriyani Sri Syamsiar UIN Alauddin Makassar
  • Mukhtar Lutfi UIN Alauddin Makassar
  • Trisno Wardy Putra UIN Alauddin Makassar
Kata Kunci: Wakaf, literasi, akses media informasi, minat berwakaf

Abstrak

Meskipun wakaf tanah termasuk dalam ajaran Islam, namun masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya keberadaan tanah untuk kemaslahatan umat. Tanah wakaf diatur dalam beberapa Undang-Undang Dasar Indonesia yang dijalankan oleh KUA seluruh Indonesia. KUA Kecamatan Adonara Timur sebagai wadah penyalur wakaf tanah mempunyai banyak kekurangan. Masyarakat, tokoh agama, pegawai KUA, pejabat yang mempunyai kredibilitas dan kekuasaan dalam tatanan kehidupan sosial perlu masif melakukan sosialisasi agar literasi, akses media informasi dapat mendukung minat masyarakat terhadap tanah wakaf. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh literasi dan akses media informasi terhadap minat wakaf masyarakat Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggra Timur (NTT). Penelitian ini dilakukan di Kantor KUA Kecamatan Adonara Timur dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden yang ditentukan melalui purpove sampling. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari tiga variabel yaitu literasi, akses media informasi dan minat wakaf. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengaruh literasi terhadap minat wakaf termasuk dalam kategori signifikan dengan sig. pada variabel X1 (literasi) sebesar 0,00 ttabel sebesar 2,013 maka tingkat pengaruh akses media informasi terhadap minat wakaf termasuk kategori signifikan dengan nilai sig. 0,00 ttabel 2,013 dan tingkat pengaruh literasi dan akses media informasi terhadap minat wakaf termasuk kategori signifikan dengan nilai sig. 0,000 Ftabel 3,195. Pengaruh tersebut digambarkan dalam uji koefisien determinasi (R2) yaitu pengaruh variabel X1 (literasi) dan X2 (akses media informasi) terhadap variabel Y (minat wakaf) dengan persentase pengaruh sebesar 86,5%.

 

Diterbitkan
2024-09-03